Monday 26 November 2012

Cara mengatasi RTO (Request Time Out) dari client ke sever dalam workgroup LAN

Pengertian Request Time Out (RTO) - Requst Time Out adalah ketika Komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari klien setelah beberapa lama (jangka waktu timeout bervariasi) antara lain karena:

RTO (request time out) Penyebabnya Bermacam-macam:
1. Utilisasi/pemakaian bandwidth sudah penuh. solusi harus upgrade kecepatan.
2. Kualitas akses jaringan (wireless/wireline) kurang bagus.
3. website yang dituju memiliki delay yang tinggi, sehingga ping timeout.
4. Koneksi ke IP tersebut putus, atau
5. Port di komputer tersebut ditutup.
Penyebab Lainnya Dari Request Timeout :
1. pengerimpingan yang kurang bagus
2. panjang kabel yang over ( dealnya 80M , tapi dibolehkan 100m)
3. jangan melewati kabel yang bertegangan arus kuat ( kabel listrik)
4. perangkat hardware dari switch ato bisa dr NIC na
5. ada kemungkinan virus / worm
6. ada crash dengan program2 yang ad di komputer/ laptop seperti firewall, antivirus. 

Cara Mengatasinya :
Check kembali penulisan IP Tujuan pada sintaks ping
Check kembali apakah pemasangan kabel sudah tepat di Komputer tujuan
Check kembali NetID pada computer tujuan
Matikan Firewall di kedua computer

dan......
jika masih terjadi TRO periksa IP security server,caranya :?
  1. klik dua kali gambar komputer kembar di pojok bawah dekstop ;)
  2. lalu klik "properties"
  3. akan muncul internet properties,carilah di dalam kolom " internet protocol"
  4. setelah muncul form baru klik "advanced"
  5. dan pilih tap "options"
  6. cari pilihan IP security,klik dua kali,lalu pilih "use this security police" dan pada drop-down pilih "client (respone only) "
  7. trus...ok...ok...ok....
  8. sekarang....coba connect kan lagi client ke server.

sekian semoga bisa bermanfaat. m(_ _)m

1 comment:

  1. I've used AVG protection for a few years now, and I recommend this anti-virus to you all.

    ReplyDelete